2023siswatarunataruni

Kegiatan Assesment Sumatif Sekolah Tahun 2023


Kegiatan Assessment Sumatif Sekolah Tahun 2023 (ASS) adalah kegiatan penilaian terhadap hasil belajar siswa, guru dan sekolah yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta. ASS merupakan salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan untuk meningkatkan mutu proses belajar-mengajar di seluruh jenjang pendidikan.



Pengertian Assesment Sumatif Sekolah


Assessment sumatif sekolah adalah suatu bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru kepada siswa untuk menilai hasil belajar siswa dalam satu atau beberapa mata pelajaran. Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dengan cara memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, memperbaiki strategi pembelajaran dan mengidentifikasi potensi talenta secara lebih spesifik lagi.



Jadwal Pelaksanaan Assesment Sumatif Sekolah


Pelaksanaan Assesment Sumatif Sekolah tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 13 – 21 Mei 2023.



Tujuan Assesment Sumatif Sekolah


Tujuan Assesment Sumatif Sekolah adalah untuk pengukuran kemampuan peserta didik, kompetensi guru dan proses belajar mengajar di sekolah.

Dengan memperhatikan tujuan-tujuan tersebut dapat diketahui tingkat keberhasilan sekolah, pencapaian prestasi akademik peserta didik serta perbaikan kegiatan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Assesment Sumatif Sekolah adalah kegiatan assessment yang dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan peserta didik untuk mencapai standar pendidikan nasional.